Program Studi .

Tamhidiyah

Tamhidiyah adalah program studi di Ma’had Aly Nurul Jadid yangmembentuk peserta didik untuk mempersiapkan dirimemasuki jenjang Ma’had Aly. Fokus materi yang ada di tamhidiyah adalah ilmu (nahwu , shorrof) yang menggunakan metode akselerasi Nubdza bayan dari pondok pesantreen Mambaul Ulum Bata-bata. Selain itu di program tamhidiyah dilatih untuk praktik membaca kitab dengan menggunakan kitab Fathul Qarib.

Program studi tamhidiyah di peruntukkan untuk Mahasantri yang membutuhkan persiapan intensif untuk memasuki tingkatan Ma’had Aly S1 (Strata 1). Waktu untuk menyelesaikan program tamhidiyah adalah 1 tahun , dengan rincian 6 bulan untuk belajar ilmu alat dan 6 bulan praktik.

I’dadiyah

Ma’had Aly Takhossus Fiqih & Ushul Fiqh (Fiqih Muamalah) Strata 1

Pendirian Ma’had Aly Nurul Jadid adalah untuk mengembangkan pendidikan keislaman, sebagai pusat pengkajian dan penelitian dalam rangka pengembangan dan penemuan ilmu pengetahuan, pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat madani, sebagai pusat kebudayaan dan peradaban, khususnya umat Islam yang merupakan mitra bagi pengembangan Ma’had Aly.

Selain itu, maksud pendirian Ma’had Aly Nurul Jadid adalah untuk mengembangkan studi ilmu-ilmu keislaman, pendidikan, penelitian melalui khazanah kitab-kitab klasik (Turats) dan kontemporer (‘Ashry) serta media kontemporer lainnya untuk melahirkan ahli agama, pewaris tradisi ilmiah dan amaliah Salafus Shalih dengan kompetensi: menguasai ilmu keislaman, mampu memahami dan menganalisis masalah-masalah Islam kontemporer, mampu menemukan solusi-solusi dalam bidang keahliannya sehingga menjadi pedoman bagi masyarakat khususnya dalam konsentrasi Fiqih.