Guna Bangun Daya Saing, Puslitbang kemenag RI Gelar Acara Workshop Pelatihan Literasi Digital

MahadAly.Enjhe – Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) mengadakan acara Workshop Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Santri Dalam Membangun Daya Saing Global Pada hari senin (08/11). Tema pada acara kali ini adalah penguatan literasi digital di Ma’had Aly.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Dafam Pacific Caesar Surabaya ini dihadiri oleh para peneliti Kementerian Agama RI, Kiai Nur Hannan selaku ketua Asosiasi Ma’had Aly se-Indonesia dan perwakilan peserta dari 26 Ma’had Aly di Jawa Timur. Acara ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 8-9 November 2021.

Bpk. Husen Hasan Basri selaku ketua panitia acara ini mengungkapkan, bahwa tujuan diadakan acara ini adalah untuk menyusun naskah akademik sebagai bahan acuan dan rekomendasi bagi seluruh Ma’had Aly dalam menyusun dan mengembangkan pengajaran serta pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi.

“Tujuan acara ini adalah untuk menyusun naskah akademik yang hasilnya akan dijadikan sebagai bahan acuan dan direkomendasikan kepada seluruh Ma’had Aly di Indonesia dalam membentuk sistem pengajaran yang memanfaatkan literasi digital. Acara ini akan dibagia menjadi dua komisi. Ke dua komisi ini akan mengoreksi rumusan naskah akademik yang sudah dibuat oleh pihak Puslitbang Kemenag RI,” ungkap Pak Husen saat sambutan ketua panitia.

Acara kali ini dikhususkan bagi seluruh Ma’had Aly di Jawa Timur. Sedangkan workhshop serupa sedang dilaksanakan di Jawa tengah, sedangkan di Jawa Barat akan dilaksanakan pada 15-16 Noveber 2021. Setiap Ma’had Aly diwakili satu hingga dua orang peserta. Sedangkan di Ma’had Aly Nurul Jadid diwakili oleh Ust. Ahmad Kuzairi dan Alfin Haidar Ali.

“Pertemuan acara ini akan dimintai laporan oleh Mudir Ma’had Aly Nurul Jadid, yakni Kiai Muhammad Al-Fayyadl, M.Phil. Makanya, setiap pertemuan dan sesi dalam acara ini kami usahakan ada catatan supaya ada bahan untuk laporan kepada mudir,” ungkap Ust. Kuzairi selaku koordinator Media Center.

Langganan Info terbaru

Dapatkan terus info terbaru dari kami

Lebih banyak untuk dijelajahi

Hukum Bersesuci Dengan Air Lumut

Seperti yang kita tahu salah satu di antara alat bersesuci adalah air. Air masih di golongkan menjadi beberapa macam. Dan, air yang di maksud adalah

Butuh solusi keagamaan ?

Anda memiliki prblematika keagamaan dan membutuhkan dalil serta penjelasannya ? tanyakan kepada saja. Insya allah akan kami bantu memberikan penjelasan untuk menyelesaikan masalah anda.

Gulir ke Atas
Chat
1
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?