Kisah Rasulullah Yang Diracun Perempuan Yahudi

MahadAly.Enjhe – Perempuan Yahudi itu datang kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan membawa daging kambing yang sudah disusupi racun dan menyuguhkannya kepada beliau. Saat itu beliau sedang bersama seorang sahabatnya yang bernama Bisyr ibn al-Bara’ radhiyallahu anhu. Keduanya pun makan bersama. Memang Rasulullah sering makan-makan bersama para sahabatnya.

Rasulullah sempat mencicipi secuil dari daging itu, tetapi tak jadi ditelannya. “Daging kambing ini memberitahu aku bahwa dia telah disusupi racun,” sabdanya kepada perempuan itu. “Benar,” kata si perempuan tanpa beban. Kemudian lanjutnya, “Aku cuma nge-test saja, jika benar engkau seorang nabi pasti engkau selamat.”

Adapun Bisyr memakannya dan dia pun meninggal di tempat itu. Tetapi sebelum menghembuskan napasnya yang terakhir, ia sempat bertutur pada Rasulullah:

“Wahai Rasulullah, saat aku makan daging ini, aku merasakan pahit di mulutku. Aku ingin memuntahkannya, tetapi aku takut engkau jijik dengan kelakuanku. Maka aku pun menelan daging itu.”

Subhanallah, demi menjaga perasaan Rasulullah Bisyr rela mati berkalang tanah.

صلى الله وسلم عليك يا نبي الرحمةورضي عنك يا ابن البراء

Referensi : Sunan Ahmad, Sirah Ibn Hisyam, Al-Lu’lu’ al-Maknun.

Penulis : KH. Zainul Mu’in Husni, Rois Syuriah PCNU Situbondo sekaligus Mursyid (Dosen) Ma’had Aly Nurul Jadid. Tulisan asli Kiai Zainul berjudul, “Daging Beracun Itu” Yang DIunggah di Laman Facebook Pribadinya.

Langganan Info terbaru

Dapatkan terus info terbaru dari kami

Lebih banyak untuk dijelajahi

Hukum Bersesuci Dengan Air Lumut

Seperti yang kita tahu salah satu di antara alat bersesuci adalah air. Air masih di golongkan menjadi beberapa macam. Dan, air yang di maksud adalah

Butuh solusi keagamaan ?

Anda memiliki prblematika keagamaan dan membutuhkan dalil serta penjelasannya ? tanyakan kepada saja. Insya allah akan kami bantu memberikan penjelasan untuk menyelesaikan masalah anda.

Gulir ke Atas
Chat
1
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?