47 Mahasantri Ma’had Aly Nurul Jadid Laksanakan I’lan Perdana

Ma’hadAly.Enje – Jumat (08/April) sebanyak empat puluh tujuh Mahasantri Ma’had Aly Nurul Jadid semester empat dan enam laksanakan I’lan takhassus di Aula Ma’had Aly Nurul Jadid.

Acara i’lan ini merupakan uji kemampuan hasil belajar para Mahasantri di ruang publik yang dihadiri oleh beberapa kiai, keluarga dhalem dan santri Ma’had Aly lainnya.

Menurut Ust. Taufikurrohman selaku ketua panitia mengungkapkan tujuan acara i’lan ini adalah untuk mengasah kemampuan mahasantri sebelum menaiki semester selanjutnya.

Dalam acara i’lan tersebut terdapat empat fan berbeda, untuk semester empat yakni fan ilmu Arud dan Mantiq (logika). Sedangkan semester enam adalah fan ilmu Balagah dan Qowaid fikih.

I’lan ini juga menjadi penentu kenaikan semester untuk para mahasantri Ma’had Aly Nurul Jadid. Sedang untuk mahasantri yang tidak lulus tes kelayakan i’lan akan kembali mengikuti tes kelayakan kenaikan semester pada Sabtu 10 April 2021 mendatang.

Menurut Ust. Suliyanto selaku Naib Mudir Ma’had Aly Nurul Jadid menuturkan bahwa acara i’lan ini sudah di gadang-gadang akan terlaksana mulai tahun kemarin, namun ada banyak kendala yang menghambat, salah satunya pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda sehingga tertunda hingga tahun ini.

“Sebenarnya I’lan ini sudah kami rencanakan sejak tahun lalu, namun karena beberapa kendala. Salah satunya pandemi ini, akhirnya baru terlaksana pada tahun ini” jelasnya.

Selain itu acara I’lan ini juga merupakan cita-cita besar mendiang Alm. KH. Muhammad Romzi Al-Amiri mannan.

“Sejak dulu beliau (Kiai Romzi) sangat mendambakan acara ini, sekalipun beliau sudah tiada, saya yakin beliau turut menyaksikan acara malam ini” imbuh pria asal Raas-Sumenep tersebut.

Kontributor : Kholilah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *